10 Air terjun ini akan anda jumpai saat mendaki gunung

Keindahan air terjun merupakan salah satu daya tarik yang banyak diminati wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Pada umumnya air terjun terbentuk karena terjadinya patahan kulit bumi sehingga aliran air terpotong membentuk loncatan air sesuai prinsip aliran air dari ketinggian ke tempat yang lebih rendah. Saat anda mendaki gunung, ada beberapa air terjun eksotis yang bisa kita jumpai, berikut beberapa jalur pendakian gunung gunung di Indonesia dimana kita akan menemui sejumlah air terjun pada saat pendakian.



1. Air Terjun Citiis, Gunung Guntur (Jawa Barat)
Jalur pendakian Gunung Guntur  
Air terjun Citiis
Curug Citiis atau air terjun Citiis bisa anda jumpai saat mendaki Gunung Guntur melalui jalur pendakian curug Citiis, yang berada di kampung Citiis, kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Jalur pendakian ini merupakan jalur terpendek dan termudah yang ditemukan oleh Frans Junghun. Jalur ini selain melewati air terjun atau curug citiis, anda juga akan melalui lokasi penambangan pasir citiis yang beroperasi sejak tahun 1960 an.


2. Air Terjun Cibeureum (Jawa Barat)
Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas
air terjun Cibuereum
Bila kita mendaki Gunung Gede Pangrango melalui jalur Pendakian Cibodas, maka kita dapat melihat pesona Curug Cibeureum yang berada di Taman Nasional Gede Pangrango. Air terjun Cibeureum atau Curug Cibeurem ini dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam dari pos Cibodas. Ada 3 buah air terjun di sekitar Curug Cibeureum yang menyajikan sebuah pemandangan eksotis yang tak akan terlupakan. Selama jalur pendakian dari Cibodas ini kita akan dimanjakan oleh keindahan alam Taman Nasional Gede Pangrango.


3. Air Terjun Penimbungan, Gunung Rinjani (Lombok Utara)
Jalur pendakian Gunung Rinjani via Torean
air terjun penimbungan
Jika Anda mendaki gunung Rinjani melalui pintu masuk Torean akan menjumpai air terjun ini di tengah perjalanan. Letaknya dari pintu masuk sekitar 2 jam. Jika biasanya Anda melewati rute Sembalun dan Senaru. Maka tidak salah jika suatu saat melewati rute Torean ini untuk mendapatan view cantik lainnya dari gunung Rinjani.
Jalur Torean merupakan jalur yang kurang populer di banding 2 jalur lainnya untuk menuju gunung Rinjani. Jalur Torean ini biasa di lewati oleh para peziarah yang melakukan ritual kepercayaannya di Segara Anak maupun di sumber air panas di dekatnya Segara Anak.


4. Air Terjun Gentongan, Gunung Ijen (Jawa Timur)
Jalur pedakian Gunung Ijen via Bondowoso
air terjun gentongan
Nama Air Terjun Gentongan masih asing di telinga traveler tapi tidak bagi mereka yang pernah mendaki ke Kawah Ijen lewat jalur Bondowoso. Sepanjang rute pendakian dari Bondowoso, traveler akan disuguhi beberapa air terjun cantik, salah satunya adalah Air Terjun Gentongan ini. Mereka akan menjumpai air terjun ini saat melintasi kawasan Afdeling Watu Capil, kecamatan Sempol. Tapi penampakannya tidak akan terlihat begitu saja, kamu perlu trekking dulu sejauh 1 km untuk melihatnya. Jadi titipkan kendaraan di rumah warga dulu jika mau ke lokasi air terjun.
Air terjun Gentongan ini memiliki keunikan tersendiri yakni warnanya yang berwarna biru kehijauan, hal ini di karenakan airnya berasal dari rembesan kawah Ijen yang kaya akan kandungan belerang.
5. Air Terjun Taman Nasional Gunung Halimun Salak (Jabar)
taman nasional gunung halimun salak
TNGHS mempunyai banyak air terjun, seperti :Curug Cimantaja dan Curug Cipamulan, terletak di desa Cikiray, kecamatan Cikidang dan kabupaten Sukabumi, Curug Piit (Curug Cihanjawar), Curug Walet dan Curug Cikudapaeh, terdapat di sekitar Perkebunan Teh Nirmala Curug Citangkolo, terletak di desa Mekarjaya, kecamatan Kabandungan, kabupaten Sukabum Curug Ciberang dan Curug Cileungsing, terletak di sekitar kampung Leuwijamang, Curug Ciarnisah, terletak di sekitar kampung Cibedug Taman Nasional Gunung Halimun-Salak
Di Gunung Salak terdapat beberapa curug diantaranya Curug Cangkuang (Cidahu); Curug Pilung (Girijaya); Curug Cibadak (Cijeruk); Curug Citiis (Ciapus); Curug Nangka (Taman Sari); Curug Ciputri (Tenjolaya); Curug Cihurang, Cirug Cigamea, Curug Ngumpet dan Curug Seribu (Pamijahan), Curug Cibereum (Jayanegara).
Di dalam hutannya yang masih perawan kita dapat menjumpai beberapa air terjun yang sangat eksotik dan bahkan ada yang jauh berada di dalam hutan. Diantara air terjun atau curug yang dapat dikunjungi antara lain, Curug Macan, Cikudapaeh, Cihanjawar, Citangkolo dan Curug Piit. Semunya itu bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selama perjalanan menuju air terjun kita akan menjumpai beberapa hewan langka dan tumbuhan yang usianya bisa mencapai ratusan tahun. 

    
6 Air Terjun Penampihan, Gunung Wilis (JaTim)
air terjun penampihan
Gunung Wilis merupakan gunung tidak aktif dengan tinggi 2563 mdpl di Jawa Timur. Gunung tersebut merupakan gunung dengan 5 puncak yang masing - masing dapat dijangkau dari tiap kota misalnya Puncak Liman dapat dijangkau dari kota Nganjuk dan Kediri dan banyak puncak lain, dan juga konon salah satu puncaknya ada yang belum pernah didaki dan juga belum ada yang berhasil berekspedisi ke salah satu puncaknya tersebut.
Lokasinya di Tulungagung Jawa Timur, Menuju Lokasi Jalur pendakian menuju desa terakhir dari terminal tulungagung naik angkutan pedesaan (angkudes) menuju kedesa Sendang dan turun di Pertigaan koramil Sendang. Dari sini naik angkudes / ojek menuju kedesa penampe’an (penampihan). 
Untuk diingat bahwa angkudes ini sangat jarang sehingga perlu adanya koordinasi proses pendakian didalam perhitungan kapan waktu pendakian dan kepulangan. Kalo perlu koordinasi dengan sopir karena angkudes hanya beroperasi jam 8-16 sore dan berangkat tiap 1 jam sekali. 
Melewati jalur penampihan, kita akan menjumpai air terjun Penampihan.


7. Air Terjun Puti Lenggo Geni, Gunung Talamau (SumBar)
air terjun puti lenggo geni
Gunung yang terletak di propinsi Sumatera Barat tepatnya di Kabupaten  Pasaman Barat ini, merupakan satu dari beberapa gunung yang mempunyai  panorama alam yang menarik di daerah Minang Kabau.
Dengan ketinggian  2982m dpl menjadikannya sebagai puncak tertinggi daerah Sumatera  Barat. Gunung ini bisa didaki dari desa Pinaga. Gunung Talamau mempunyai keunikan tersendiri yaitu pada puncaknya terdapat banyak  telaga, dan umumnya jumlah telaga tersebut selalu berbeda-beda dan  tidak selalu sama setiap dijumpai para pendaki. Jumlah yang umum  terlihat adalah 13 telaga.   
Perjalan dari Posko 1 hingga sampai ditempat ini sekitar 2,5 jam.  Posko 2 ini berada pada ketinggian 710m dpl. Ditempat ini terdapat  sebuah pondok yang dihuni oleh seorang pendaki asal Sumatera Barat  yang merupakan seorang volunter yang merawat dan memelihara gunung  Talamau ini. Tidak jauh dari lokasi ini kita bisa menemukan sebuah  air terjun yang cukup besar bernama air terjun Puti Lenggo Geni.


8. Air terjun Uning, Gunung Leuser (Aceh)
air terjun uning   
Gunung Leuser berada di Kampung Penosan Sepakat Kecamatan Blang Jerango Kabupaten Gayo Lues – Aceh. Pintu gerbang utama untuk masuk ke Jalur Pendakian Gunung Leuser adalah Keudah yang juga merupakan kawasan ekowisata yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser, untuk menuju puncak Leuser dan Loser memakan waktu rata-rata 6 s/d 7 hari. Mata pencaharian masyarakat umumnya adalah petani dengan mayoritas bersuku Gayo. Panorama Gunung Leuser sangat indah dipandang dari lokasi ini. Jalur kedua melalui Agusan Kabupaten Gayo Lues. Jalur ini dianggap sebagai jalur yang paling menantang, salah satunya harus menyeberangi sungai sebanyak 45 kali. Jalur ketiga melalui gerbang Meukik di Kabupaten Aceh Barat Daya. Melalui jalur ini pendakian menuju kedua puncak tersebut membutuhkan waktu sekitar 12 hari. Pada peta topografi terdapat 2 puncak gunung yang saling berdekatan yaitu Leuser (3.319 m dpl) dan Loser (3.404 m dpl) ditandai dengan adanya pilar triangulasi dan dari sini puncak Leuser dapat dicapai sekitar 2 jam lagi berjalan melintasi punggungan gunung.
Di dekat puncak Gunung Leuser terdapat sebuah telaga kecil dengan air yang jernih. Di sebelah selatan Dusun Keudah (Green Sinebuk Bungalow) terdapat juga objek air terjun “Uning”. Ketinggian air terjun ini mencapai 11 meter dengan lebar 2,5 meter (pada saat musim kemarau).


9. Air Terjun Putri, Gunung Ciremai (JaBar)
Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan
air terjun putri
Gunung Ciremai memang dikenal sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat, mungkin ini pula yang menjadi satu daya tarik bagi para pendaki.
Banyak orang yang datang untuk mencari udara segar dan melihat panorama yang indah, bahkan yang mau menginap pun, ada lokasi yang sengaja dibuat untuk berkemah di sini. Selain menjadi jalur pendakian, pengunjung bisa hanya menikmati angin segar, mengunjungi Curug Putri hingga berkemah
ir Terjun Putri berada tak jauh dari pintu utama masuk ke dalam kawasan TNGC, Palutungan dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama lima menit saja.
Kawasan air terjun yang satu ini tak terlalu besar, untuk masuknya juga tak dikenakan biaya lagi karena masih berada dalam kawasan TNGC. Terdengar Gemericik suara air terjun sering mengundang pengunjung untuk berenang, kawasan ini sangat diminati remaja. Ada sensasi tersendiri saat menikmati sejuknya air terjun yang turun langsung dari ketinggian hampir 12 meter ini.


10. Air Terjun Kakek Bodo, Gunung Welirang (JaTim)
Jalur pendakian Gunung Arjuna - Welirang via Tretes
air terjun kakek bodo
Gunung Welirang, Dalam bahasa kuno disebut Walirang yang dalam Bahasa Jawa berarti Belerang karena gunung ini memiliki kandungan belerang yang melimpah dimana belerangnya sampai sekarang masih terus di gali dan diangkut oleh para penambang lokal. Gunung welirang memiliki ketinggian sekitar 3156 mdpl yang ditumbuhi kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Terdapat pula tumbuhan endemik di sekitar puncaknya yang biasa disebut masyarakat sekitar dengan nama manis rejo.
Gunung yang masih aktif dengan menghembuskan asap belerangnya ini merupakan bagian dari komplek gunung Anjasmoro, gunung ringgit, gunung kembar I, gunung kembar II dan gunung arjuna yang berada dalam satu rangkaian barisan.
Jalur pendakian Tretes merupakan lokasi hutan wisata yang sering dikunjungi wisatawan, terutama saat hari libur. Terdapat lokasi bumi perkemahan dan objek wisata air terjun Elang dan air terjun kakek bodo yang terkenal memiliki pemandangan indah sekaligus menyimpan ceritanya tersendiri.
Awal pendakian dari Pos perijinan, perjalanan anda akan menuju ke Pos 1 atau juga di sebut Pet Bocor yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit. Medan yang dilalui masih cukup landai dan lebar dengan kondisi jalan yang sudah di semen. Sekitar 400 meter berjalan anda akan bertemu dengan pertigaan jalan. Arah ke kanan menuju bumi perkemahan dan air terjun kakek bodoh, sedangkan ke kiri/lurus menuju Pos 1/pet bocor. Selama dalam perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan suasana hutan yang sejuk dan asri, tak jarang suara burung-burung dari atas pohon besar akan menemani perjalanan anda. Lokasi Pos 1 cukup luas untuk mendirikan tenda, terdapat pula sumber air yang berasal dari pipa bocor, untuk itulah Pos 1 ini disebut juga sebagai Pos pet bocor karena terdapat pipa air yang bocor.



sources: 
http://gtga-indonesia.blogspot.co.id/
http://www.trekkingrinjani.com/
http://lomboknesia.blogspot.co.id/
http://travelingyuk.com/
http://islahagus.blogspot.co.id/
http://www.catatanhariankeong.com/
http://gresikbackpacker.blogspot.co.id/
https://nersmukhlis.wordpress.com/
http://gunungleuser.or.id/
http://kabarriau.com/
http://www.wisatagunung.com/

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

18 comments

eh gunung di jawa timur yg ada air terjunnya ternyata ada 3 nih mas

Balas

air terjun cibeureum doang yang udah pernah kesana

Balas

dulu juga saya sering main ke curug curug, ada sekitar 7 sampe 8 curug yang pernah di temui :))

Balas

belum pernah sama sekali saya mas ke air terjun diatas

Balas

belum tahu juga nih mas yan

Balas

Jawa Barat air terjunnya banyak,, di Kab. Pangandaran juga banyak tempat wisata yang ada air terjunnya

Balas

di subang juga banyak ko air terjun yg bagus

Balas

coba reffresing keluar rumah dong

Balas

air terjun di jawa tengah nggak ada ya mas

Balas

jadi bonus kalo mendaki gunung, bisa menikmati air terjun juga, air terjun gentongan kelihatan eksotik banget

Balas

Silakan merapat mas bro hehe

Balas

kalo liat air terjun selalu pengennya terjun dan mandi.., hehehe

Balas

Ya Allah bagus banget pemandangannya..ckckckkc..Insya Allah kalau ada rezeki yang cukup mau juga maen kesana..Amiin.

Balas

Di sukabumi juga ada loh mas, wah blog ini makin maju udah ada iklan adsense, blog berdomain tld juga. Udah lama saya ga kesini.

Balas

Referensi yang bagus nih buat yang mau mendaki sambil wisata air terjun :-)

Balas

saya orang jawabarat tapi ko saya belum kesana ya. maklum saya selalu diperantauan kali ya

Balas

btw yang di ijen itu kmrn kok g keliatan ya,,,,,
padahal kemarin dari sana....

Balas

wah, asik kali ya kalo rumah kita dkt air terjun?

Balas