11 Taman Dinosaurus di Indonesia

Ajaklah putra-putri Anda menjelajah negeri dinosaurus yang menakjubkan. Wahana ini akan membawa Anda berpetualang mengenal dan seakan berinteraksi langsung dengan berbagai jenis dinosaurus yang pernah ada. Seluruh dinosaurus yang ditampilkan di wahana ini mempunyai ukuran yang sebenarnya, lengkap dengan berbagai tumbuh-tumbuhannya seakan membawa Anda benar-benar kembali ke jaman prasejarah.
Putra-putri Anda juga bisa berpetualang sebagai ahli paleontologi menggali tulang-tulang dinosaurus. Berikut beberapa museum dinosaurus di Indonesia dan taman dinosaurus di Indonesia yang bisa anda kunjungi untuk mengisi liburan anda bersama keluarga.



1. Taman Legenda, TMII, Jakarta
taman legenda tmii
Bila anak-anak suka dengan Dinosaurus, jangan lewatkan ajak mereka ke Taman Legenda di Taman Mini Indonesia Indah. Di dalam taman ini selain terdapat robot-robot Dinosaurus yang bisa bereaksi bila ada pengunjung yang melewatinya (sensor gerak). Taman Dino ini juga unik karena dibuat dengan suasana alam terbuka. Selain menyaksikan gerak-gerik para dinosaurus ini, anak-anak juga bisa bermain peran menjadi arkeolog cilik. Aneka fosil buatan tersebar di kolam pasir untuk ditemukan.
etelah selesai menikmati robot Dinosaurus, ajak juga anak-anak berkeliling Taman Legenda sambil mencoba berbagai wahana permainan anak dan dewasa seperti giant ferris wheel, kolam bermain anak, teater legenda yang menceritakan kisah Keong Emas dengan media patung, kapal bajak laut dan menikmati keindahan taman bunga.


2. World Of Wonders, Tangerang
world of wonders
Terletak di kawasan Cikupa Tangerang, World Of Wonder Cikupa, taman bermain ini tawarkan wahana yang sayang dilewatkan. Ingin rasakan sensasi bersepeda di ketinggian 8 meter? Spede Udara jawabannya. Tak perlu takut jatuh, karena wahan ini dilengkapi pengaman. Masih kurang? Wahana jet coaster bisa jadi pilihan. Kelihatannya lintasan wahan ini memang tidak terlalu berliku tapi rasanya lumayan menantang.
Tempat ini juga menawarkan Anda konsep jaman purba. Kita akan dibawa kembali ke jaman dinosaurus salah satunya dengan wahana Dino Hunter. Dengan sebuah mobil Jeep saya dibawa keliling memburu dinosaurus. Berkat layar lebar 360ยบ membuat saya benar-benar berada di hutan, dan dengan senjata laser ini saya akan memburu dinosaurus.


3. KidCity di Transmart Carrefour
Kidcity transmart Carrefour
Ingin liburan sambil belajar tentang binatang purbakala? Datang saja ke Kid City di Trans Mart Tangerang yang berada di pinggir Jalan Raya Cikokol, Tangerang, eks Carrefour Cikokol. Jangan lupa ajak keluarga! Di lantai 4 hypermart ini, Anda dan keluarga akan diajak berkenalan dengan beraneka ragam dinosaurus.
Sebut saja Pterodactyl yang tengah menggantung di langit. Binatang bersayap itu menyambut pengunjung saat menaiki lantai 4  dengan eskalator. Tyrannosaurus alias Tyrex berdiri gagah dengan giginya yang besar dan suaranya yang menggema. Atau Brachiosaurus, dinosaurus berleher panjang, yang menggerak-gerakkan lehernya sembari bersuara parau ketika pengunjung melewatinya.
Bertema Jurrasic Adventure, arena Kid City didesain berbentuk taman. Ada 13 wahana permainan yang melingkari taman; Speedy Coaster, Poison Tower, Happy Tree, Barn Yard, Driving School, Rockin’ Tug, Force One Coaster, Sky Rider, Mini Train, Carousel, Baby Dinoland, Softplay, dan Game Zone. Arena bermain juga dilengkapi dengan Food Area dan Party Area. Selain itu KidCity di Transmart Carrefour terdapat di Cilandak, Cempaka Putih, Jakarta.


4. Taman Rekreasi Ngrembel Asri, Semarang
Taman rekreasi Ngrembel Asri
Saat Anda sedang berlibur ke Semarang, jangan lewatkan taman yang satu ini. Taman Rekreasi Ngrembel Asri memiliki segudang permainan yang asyik dan seru. 
Dari pintu masuk taman rekreasi seluas 3 hektar tersebut pengunjung disambut oleh gerbang berbentuk mulut dinosaurus yang menjadi khasnya. Berbagai wahana menarik siap dijajal untuk melepas penat setelah penat dengan aktifitas sehari-hari.
Salah satu yang menjadi ciri khas taman rekreasi Ngrembel adalah Taman Dino yang dihiasi patung bebagai jenis dinosaurus termasuk brontosaurus setinggi 7 meter. Dalam Taman Dino terdapat wahana yang bisa dinikmati oleh anak-anak.
5. Taman Dinosaurus Bantarujeg, Majalengka
taman wisata bantarujeg, lemahsugih
Taman Wisata Dinosaurus Bantarujeg yang terletak di Desa Margajaya, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka pernah menjadi ikon wisata di Kabupaten Majalengka pada medio akhir 90an dan awal tahun 2000an kini meskipun tidak seramai masa jayanya namun masih digemari dan dikunjungi.
Di masa jayanya Taman Wisata Buana Puri yang memiliki fasilitas lengkap seperti kolam renang, villa penginapan, camping ground dan sirkuit motorcross selalu dipenuhi oleh pengunjung bahkan digadang-gadang akan menyaingi Puncak Bogor karena lokasinya yang mirip dan bersebelahan dengan perkebunan teh.
Bahkan dalam brosur-brosur dan katalog serta website resmi milik Pemkab Majalengka sampai saat ini Taman Wisata Dinosaurus Buana Puri masih tercantum sebagai destinasi wisata favorit dan unggulan di wilayah Kabupaten Majalengka.


6. Taman pintar, Yogyakarta
taman pintar
Taman Pintar Yogyakarta meluncurkan wahana baru untuk menghibur anak-anak yang berkunjung ke tempat rekreasi itu. Dino Adventure. Itu wahana baru yang berlokasi di area seluas 800 meter persegi. Di arena itu, pengunjung dapat berkeliling melihat kehidupan hewan purbakala dinosaurus di zaman purba. 
Pengelola menyediakan kereta untuk mengajak pengunjung berkelililing. Pengelola menempatkan enam replika robot dinosaurus berteknologi tinggi. Sehingga robot dinosaurus bergerak dengan iringan cahaya dan bersuara. Kesannya, robot 'hidup' seperti aslinya.
Selain itu, pengelola menyuguhkan video kehidupan dinosaurus. Pengunjung dapat menyaksikan langsung kehidupan dinosaurus mulai dari Tyrannosaurus rex, Styracosaurus, Parasaurolopus, dan Aliosaurus.


7. Trans Studio Theme Park, Makassar
taman dinosaurus Trans studio theme park
Trans Studio Theme Park Makassar menghadirkan aktraksi hidup terbaru yang dikemas dalam Dino Adventure. Wahana ini bisa menjadi alternatif edukasi yang menghibur. Pengunjung bisa menikmati dan menyaksikan bahkan bisa bertemu langsung dengan animatronic Dinosaurus yang didukung oleh efek suara. Dinosaurus hadir dalam tema Adventure serta pemanfaatan teknologi untuk menggerakkan beberapa Dinosaurus buatan. Sehingga menimbulkan kesan petualangan nyata di Zona Lost City Trans Studio Theme Park Makassar.


8. Museum Geologi Bandung
museum geologi bandung
Salah satu tempat wisata di bandung yang populer dengan nama museum geologi Bandung ini adalah sebuah museum yang dilindungi negara serta merupakan warisan nasional yang kini keberadaannya sudah merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di kota Bandung, sehingga nilai bangunan bersejarah yang sarat makna dan yang didalamnya terdapat banyak materi geologi yang sangat berharga ini, di zaman sekarang telah menarik minat banyak wisatawan yang sedang liburan ke Bandung.
Bangunan bersejarah di Bandung yang berlokasi di Jl. Diponegoro No.57, Cibeunying Kaler ini, sangat dilindungi dan perawatan serta pengelolaannya ditangani langsung dibawah kendali pemerintah.Dibangun pada tanggal 16 Mei 1928, Museum Geologi Bandung kemudian pernah dipugar serta direnovasi dengan dana pembangunan yang berasal dari dana bantuan dari JICA Jepang ( Japan international Cooperation Agency ) sebesar 754,5 juta Yen, sehingga Museum ini adalah Sebagai salah satu tempat wisata di bandung yang menarik sekaligus  sangat refresentatif dan sangat layak dikunjungi di Bandung untuk keperluan pendidikan atau penelitian yang dibuka secara resmi untuk umum oleh Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000.


9. Museum Zoologi Bogor
museum zoologi bogor
Museum Zoologi Bogor adalah museum yang terletak di Bogor, memiliki koleksi yang berkaitan dengan dunia satwa seperti berbagai spesimen yang diawetkan maupun fosil hewan. Museum ini terbagi menjadi dua, salah satunya dibuka setiap hari untuk umum yang berisi ruang pameran terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, museum yang satu lagi berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka untuk umum setahun sekali pada bulan Oktober, berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong tepatnya di Jalan Raya Jakarta - Bogor Km.46 Cibinong, Bogor. Kedua bagian museum ini dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi-LIPI. Awal berdirinya Museum Zoologi Bogor merupakan laboratorium zoologi dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium yang didirikan pada tahun 1894 gagasan dari J. C. Koningsberger ahli botani berkebangsaan Jerman, laboratorium ini didirikan sebagai sarana penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan zoologi. Pada tahun 1906 namanya berubah menjadi Zoologisch Museum and Wekplaats, pada tahun 1910 kemudian berubah lagi menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium. Antara tahun 1945-1947 tempat ini dikenal dengan nama Museum Zoologicum Bogoriense, dan akhirnya sampai sekarang menjadi Museum Zoologi Bogor. Tempat koleksi museum ini memiliki 24 ruangan koleksi dan baru ditempati pada 1997, dengan pembangunan yang didanai dari dana hibah Bank Dunia dan Jepang. Koleksi ilmiah yang dimiliki museum ini meliputi kategori antara lain: mamalia, ikan, burung, reptil dan amphibi, moluska, serangga, dan invertebrata lain yang bukan moluska dan serangga.


10. Museum Satwa, Malang
museum satwa malang
Museum Satwa yang ada di Batu, Malang, Jawa Timur, merupakan salah satu museum dengan konsep menarik yang patut dikunjungi. Arsitektur bangunan, koleksi satwa, diorama alami serta suasana nyaman yang ada di dalamnya dapat menjadi sarana pendidikan untuk keluarga Anda atau juga untuk menambah pengetahuan Anda. Apa saja yang bisa Anda nikmati di Museum Satwa? Ayo kita berwisata sejenak di museum ini.
Hal menarik lain yang ada di museum ini adalah pameran fosil. Aneka fosil yang dipamerkan mampu menjadi daya tarik tersendiri. Fosil-fosil direkonstruksi sehingga menyerupai struktur satwa sebenarnya. Susunan fosil yang berupa tulang-tulang ini membuat pengunjung bisa membayangkan bentuk satwa yang sudah punah. Misalnya, fosil dinosaurus yang mungkin biasanya hanya bisa Anda lihat di televisi, kini dapat dinikmati secara langsung. Anda dapat mengagumi betapa besarnya dinosaurus. Ada pula fosil-fosil dari binatang yang hidup di air.
Jika Anda berlibur di daerah Jawa Timur, khususnya ke daerah Malang, sempatkan diri Anda dan keluarga atau kerabat untuk mengunjungi Museum Satwa. Arsitektur museum yang indah, suasana alami dalam museum, berbagai diorama dengan binatang dari seluruh belahan dunia beserta habitatnya yang terlihat nyata, fosil satwa hewan-hewan yang sudah punah dan koleksi hewan yang lengkap menjadikan Museum Satwa di Batu, Malang, sebagai tempat wisata yang mendidik.


11. Museum Dinosaurus, Cisarua
museum dinosaurus cisarua
Tiket masuk sebesar Rp. 6000/orang dikenakan untuk menikmati isi musium dinosaurus. Suasana jaman purba sudah mulai mendominasi ruangan sejak pemeblian tiket masuk, dimana tempat melakukan transaksi pembayaran berupa mulut binatang purba. Perjalanan awal dimulai dengan memasuki ruangan temaram dengan beberapa lukisan dan patung fosil dinosaurus. Kesan “seram” nampaknya sengaja ditimbulkan pada musium ini, ditambah lagi beberapa tulisan-tulisan pendukung menginformasikan seolah-olah di dalam ruangan tersebut terdapat dinosaurus yang masih hidup dan siap memangsa pengunjung. Rupanya dibeberapa bagian ruangan terdapat robot-robot yang bergerak secara otomatis menampilkan aksinya bila pengunjung tanpa sengaja mengaktifkan tombol-tombol yang tersembunyi di lantai.
Selain menampilkan patung fosil dinosaurus dan robot-robot yang “mengagetkan”, museum ini juga dilengkapi dengan fosil-fosil asli telur, sebagian rangka/tulang dan gigi dinosaurus yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat. Dari negeri sendiri (Indonesia) juga ditampilkan fosil-fosil binatang prasejarah dari tanah air yang banyak diketemukan di daerah Trinil, Sangiran, Jawa Tengah. Pemutaran film binatang-binatang purbakala dalam bentuk video juga tersedia, meskipun hanya ditayangkan dalam media televisi 14 inch.



sources:
http://citaman.com/
http://travel.detik.com/
http://www.cirebontrust.com/
http://jateng.metrotvnews.com/
http://www.tribunnews.com/
http://tempatwisatadibandung.info/
http://www.kompasiana.com/
http://bogor.net/
http://www.liburananak.com/
http://www.tamanlegenda.id/
http://billyantoro.com/

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

4 comments

Wisata sekaligus nambah pengetahuan kepada anak, wisata yang sangat berguna

Balas

dari 11 tempat diatas
Alhamdulillah semuanya saya belum pernah datangi :D

Balas

Wah trans studio makassar masuk juga tuh! keren2...

Diantara ke 11 taman dinosaurus itu yg pling sring saya dengar itu. TMII

Balas

Saya yg nomor 1 sering kesana om, soalnya rumah saya gk jauh dari TMII jakarta hehe :D

Balas