7 Bunga ini memiliki mitos dan cerita tersendiri

Ternyata bunga tidak hanya untuk mempercantik dan mengungkapkan perasaan cinta, setiap bunga bunga yang merekah ternyata memiliki makna dan ceritanya masing masing.
Dengan kecantikannya, setiap bunga ternyata membawa cerita sejarah dan mitos yang berbeda-beda. Beberapa bunga bahkan masih dipercaya membawa pengaruh dari cerita-cerita tersebut. Namun tetap tidak jauh dari keindahan yang dimiliki masing-masing bunga tersebut. 7 Bunga ini memiliki mitos dan cerita tersendiri


1. Bunga Lili 
bunga lili
Bunga bernama asli Nymphaea ini sudah dikenal sejak zaman Yunani Kuno. Nhymphaea dalam mitologi Yunani adalah dewi penghuni air. Sejumlah mitos menyebutkan bunga lili berasal dari air susu Dewi Hera. Air susu tersebut menetes ketika dewi tersebut menyusui Hercules.
Dalam sejumlah kepercayaan, bunga lili menjadi simbol kesucian, keindahan dan kebajikan. Lili juga dianggap sebagai pelindung perkawinan bangsa Yunani. Pada saat menikah, bunga tersebut ditaruh di atas kepala pengantin. Bunga ini juga simbol dari kematian murni, biasa ditempatkan di makam bayi atau balita. Nymphaea ini bisa dipakai untuk mengobati demam, akar bunga lili dipakai untuk membersihkan luka, dan mengurangi nyeri pada tubuh yang sakit.


2. Bunga Matahari
bunga matahari
Sejak ribuan tahun lalu, suku Indian mulai menanam bunga matahari. Setelah itu, bunga tersebut menyebar sampai ke Amerika Selatan dan mulai dikenal di Erpoa pada abad ke-16. Cerita bunga matahari tak lepas dari kisah cinta Dewi Yunani, Cyltie dan Dewa Matahari Helios, Clytie selalu setia memperhatikan Helios, sayangnya perhatian itu tak berbalas. Secara tiba tiba tumbuh akar di kaki Clytie, lalu tubuhnya berubah menjadu batang dan wajahnya menjadu bunga. Untuk membuktikan cintanya, bunga tersebut selalu memandang ke arah matahari.
Tak heran kalau bunga ini menjadi simbol kesetiaan. Warnanya yang kuning terang mewakili kegembiraan dan kebahagian. Beberapa orang percaya bunga matahari mendatangkan keberuntungan. Menurut mitos, kalau kita menanam bunga matahari di rumah kita, keluarga akan menjadi bahagia dan harmonis.

3. Bunga Anggrek
bunga anggrek
Pada zaman dulu. bunga anggrek identik dengan cowok. Baik warnanya, bentuk dan strukturnya. Makanya, nama Latin bunga ini juga berarti kemaluan laki laki. Jenis Anggrek ada lebih dari 25000 jenis spesies di Indonesia memiliki jenis paling banyak.
Anggrek melambangkan kesuburan dan kejantanan, beberapa orang percaya kalau kita mengkonsumsi anggrek muda, nantinya akan memiliki anak laki laki, sebaliknya dengan anggrek tua, kalau kita mengkonsumsinya bisa melahirkan anak perempuan. Ada juga beberapa jenis anggrek yang punya makna lain. Misalnya, anggrek kalajengking (Arachnis flos-aeris). Menurut mitos, orang yang memelihara anggrek jenis ini akan tertimpa kesialan dan kesusahan hidup.


4. Bunga Tulip
bunga tulip
Kata Tulip berasal dari Bahasa Turki yang berarti sorban atau turban. Sebuah kain panjang yang dililit sebagai penutup kepala Bunga khas Belanda ini ternyata berasal dari Turki. Pertama kali dibudidayakan pasa masa kekaisaran Ottoman, tepatnya dalam pemerintahan Sultan Ahmed III.
Uniknya setiap warna bunga tulip memiliki makna yang yang berbeda beda. Tulip merah melambangkan cinta sejati, makna bunga ini berawal dari cerita Pangeran Farhad dari Turki yang jatuh cinta pada gadis bernama Shirin, sayangnya gadis itu meninggal. Dilanda kesedihan, pangeran tersebut mengakhiri hidupnya dengan melompat dari atas tebing, Tetesan darahnya melekat di bunga tulip.
Warna tulip lainnya juga punya makna lain. Tuli warna putih merupakan simbol kemurnian, tulip biru berarti kedamaian dan ketenangan. Warna ungu sebagai simbol kebangsawanan. Tulip orange melambangkan kebahagiaan, tulip kuning menyimbolkan persahabatan dan tulip pink berarti harapan terhadap kebaikan.


5. Bunga Mawar
bunga mawar
Mawar merupakan sebuah tanaman dari genus Rosa, mawar sendiri merupakan nama yang diberikan dari bunga yang dihasilkan dari tanaman ini. Mawar liar seluruhnya terdiri dari 100 spesies dan kebanyakan dari tanaman mawar hidup di bagian bumi sebelah utara yang cenderung berudara lebih sejuk. Mawar sendiri dikenal sebagai tanaman berduru dan tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Tapi ada juga lho tanaman mawar yang merambat ke tanaman lain dan memiliki tinggi hingga 20 Meter.
Menurut Mitologi Yunani, Dewa Aphrodite lah yang memberi nama bunga mawar. Orang - orang Yunani kuno pun kerap kali menggunakan bunga mawar merah sebagai aksesoris dan sebagai parfum
Bunga mawar merah dikenal sebagai bunga cinta. Ini disebabkan oleh sebuah cerita dewa bunga Yunani yang bernama chloris, dewi Yunani bunga, menemukan nimfa (sering diartikan sebagai peri) yang telah tidak bernyawa di sebuah hutan. Lalu ia meminta bantuan dari Aphrodite yang dikenal sebagai dewi cinta, untuk memberikan sedikit kecantikannya. Ia lalu meminta bantuan Dionysus yang dikenal sebagai dewa anggur untuk tambah nektar agar menambah pesonanya dengan harumnya. Kemudian Zephyr yang dikenal sebagai Angin Barat, meniup awan di atasnya sehingga Apollo yang dikenal sebagai dewa matahari melihatnya lalu memberikan sinarnya sehingga bunga mawar tersebut mekar dengan indahnya. Dan saat itulah bunga mawar merah lahir lalu dinobatkan sebagai Ratu Bunga.


6. Bunga Lilac
bunga lilac
Syringa atau biasa disebut Lilac, berasal dari nama seorang bidadari cantik menurut mitologi Yunani Kuno bernama Syringa. Terpesona dengan kecantikannya, Pan, seorang Dewa Hutan dan Kebun mengejar Syringa di dalam hutan. Karena ketakutan, Syringa melarikan diri dengan merubah dirinya menjadi semak yang berbau harum, bunga yang saat ini dikenal dengan nama Lilac.
Mekarnya Lilac sering digunakan sebagai pertanda datangnya musim semi. Lilac ungu sering disimbolkan sebagai bentuk cinta pertama, sedang Lilac putih lebih diartikan sebagai kesucian masa muda.


7. Bunga Edelwies
bunga edelwies
Edelweis adalah bunga yang pasti sudah tak asing lagi bagi para penggiat alam bebas mendaki gunung, karena bunga abadi ini saat ini hanya mampu tumbuh dan besar di ketinggian gunung dan memerlukan sinar matahari penuh. Bunga cantik ini memang akrab dengan para pendaki dan mengilhami banyak orang melalui keindahan dan keabadian yang ditampilkannya. Tak heran kalau bunga ini disebut sebagai bunga abadi, karena mekar dalam waktu yang cukup lama.
Di balik keindahan dari bunga edelweis ternyata tersimpan sebuah mitos, dimana bagi yang memberikan bunga ini kepada pasangannya, maka cintanya akan abadi. Tidak sedikit para pencinta yang menjadikan bunga abadi ini menjadi salah satu hadiah spesial bagi pasangannya. Konon, hal itu dimaksudkan agar cintanya abadi.


sources:
http://www.eocommunity.com/MAWAR-legenda-dan-Makna-yg-terpendam-dari-warnanya
https://solosoloku.com/2016/06/tanaman-indonesia-yang-mempunyai-mitos.html
http://in8ight.blogspot.co.id/2015/02/cerita-di-balik-bunga.html
http://aenze.blogspot.co.id/2013/04/bunga-keabadian-edelweis-dan-mitosnya.html

Subscribe to receive free email updates:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments